Bekerja dari rumah (work from home) menjadi zona nyaman baru bagi sebagian orang. Perlu sejumlah langkah agar cepat beradaptasi pada kebijakan back to work from office.
Transisi penerapan sistem work from office (WFO) menuju work from home (WFH) membutuhkan proses adaptasi yang tak cepat. Namun seiring berjalannya waktu, kebijakan yang semula ditempuh banyak perusahaan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini menjadi alternatif sistem kerja baru yang nampaknya tak memengaruhi produktivitas pekerja.
Bekerja dari rumah telah menjadi zona nyaman bagi banyak orang. Ketika pandemi Covid-19 melandai, sejumlah perusahaan mulai menerapkan sistem hybrid, sebuah sistem kerja yang tidak mewajibkan karyawan bekerja 100 persen di kantor, melainkan kombinasi bekerja dari rumah dan kantor.
Kendati demikian tak sedikit perusahaan maupun institusi yang menerapkan kebijakan penuh untuk kembali bekerja di kantor. Kebijakan yang dinilai sebagian karyawan sebagai sistem yang boros waktu karena memakan waktu tempuh yang tak sedikit dari rumah menuju kantor. Boros biaya karena perlu merogoh kocek untuk transportasi dan kebutuhan lainnya serta jam kerja yang tak fleksibel.
Berikut cara menyiasati dan beradaptasi ketika kembali bekerja di kantor.
1. Jaga Kebugaran Tubuh
Bekerja dari rumah identik dengan minimnya aktivitas fisik. Setelah duduk seharian di depan layar komputer, banyak yang kemudian memutuskan untuk rebahan. Ditambah konsumsi makanan yang tak teratur membuat tubuh jauh dari bugar. Yuk kembalikan kebugaran tubuh dengan olahraga 30 menit setiap harinya. Fisik yang bugar sangat baik untuk kembali bekerja di kantor.
2. Melatih Rutinitas Harian
Salah satu cara mengurangi kecemasan ketika hendak kembali WFO bisa dilakukan dengan latihan rutinitas harian. Persiapkan diri untuk bangun, sarapan, dan berpakaian, kemudian pergi menuju kantor. Melakukan simulasi ini membantu kita untuk kembali membiasakan diri seperti bekerja WFO pada tahun-tahun sebelumnya.
3. Ciptakan Ruang Kerja Senyaman Rumah
Melengkapi meja kerja dengan beragam ornamen atau barang-barang favorit kita tentu akan memberi suntikan semangat untuk menjalani aktivitas. Tak jarang banyak orang meletakkan bingkai foto diri, pasangan, keluarga, hingga poster idolanya. Jangan lupa berikan hiasan yang menyerupai meja kerja kita di rumah. Dengan begitu suasana rumah semakin terasa di tempat kerja.
4. Membangun Interaksi
Setelah sekian lama berkomunikasi hanya melalui gawai, saatnya berkomunikasi dengan rekan kerja secara tatap muka. Luangkan waktu untuk sekadar makan siang bersama atau berkumpul selepas pulang kerja. Membangun interaksi dengan rekan kerja penting untuk menciptakan suasana kerja yang harmonis.