Program Studi Bisnis Kreatif

LATAR BELAKANG 

Industri kreatif yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu memiliki potensi yang sangat besar

JENJANG

Sarjana Terapan (D4)

KURIKULUM: 70% PRAKTIK DAN 30% TEORI

  • Mempelajari cara membentuk perusahaan rintisan (startup)
  • Membangun pasar
  • Menganalisa strategi pemasaran
  • Negosiasi
  • Menyediakan sumber daya

KOMPETENSI PRIORITAS

Problem solving based innovation dan project business implementation

JUMLAH SEMESTER

8

JUMLAH SKS

144

GELAR PENDIDIKAN 

Sarjana Terapan Bisnis Kreatif (S.Tr.Bns.)

SERTIFIKASI

  • Certified Creativity Professional (CCP)
  • TOEFL / TOEIC

PENGAJAR

Praktisi yang berpengalaman di bidangnya

KETERAMPILAN

Active Collaborative learning dan blended learning dengan kelas digital(e-learning) berbasis MOOCS (Massive Open Online Course System) 

  1. Mempelajari dan ahli dalam kreasi, menyediakan fasilitas bagi pelaku ekonomi kreatif untuk kegiatan kreasi seperti ruang kreatif, sarana kreatif, pada lingkup yang lebih luas mendorong terbangunnya klaster kreatif dan inovasi dari siklus manual konvensional ke digital dan transformatif
  2. Mampu memprediksi dan melakukan proses kegiatan bisnis masa depan, memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif memproduksi kreasinya dalam skala usaha yang layak secara ekonomi, dalam bentuk penetapan usaha baru (start-up), akses terhadap permodalan (pembiayaan), akses terhadap sarana/alat produksi, dan penyediaan sumberdaya manusia/teknisi produksi dengan keterampilan yang tinggi
  3. Me-review dan memantau proses distribusi, memfasilitasi usaha baru ekonomi kreatif untuk mendapatkan akses ke pasar dan menjaga struktur pasar yang memudahkan pendatang baru
  4. Melakukan analisa strategi pemasaran, membangun pasar (market development), dan membantu pembelajaran pasar (market learning)
  5. Mampu melakukan proses negosiasi dan memfasilitasi terbangunnya repositories bagi produk-produk kreatif yang dimanfaatkan pelaku ekonomi kreatif sebagai sumber inspirasi pada proses kreasi berikutnya
  6. Bentuk pengembangan diri lainnya tercermin dalam praktik kerja lapangan di perusahaan kreatif dan wilayah potensial di desa dan mahasiswa dapat mengembangkan diri melalui pembelajaran langsung di lapangan

Bagikan artikel ini: